Ceritanya gue mau sedikit share pengalaman gue dulu waktu baru belajar
nge-DOTA nih. Secara, ini game adalah game wajib buat kalian yang merasa
otaknya encer-encer. Yang gue bahas di sini bukan strategi, tapi lebih
ke pemahaman playing dan strategi.
Eh iya deng, kayakya termasuk strategi juga.
Hahah.
***
1. PICKING CHARACTER
Di sini yang harus gue tekankan adalah kalian harus nguasain hampir semua hero dan hafal skill-skillnya, bukan hero mana yang paling sering kalian pake dan kalian suka.
Pemilihan hero kalian itu bergantung sama hero apa yang bakalan jadi
lawan kalian. Soalnya di Dota, yang jadi faktor krusial adalah, se-jago
apapun kamu pake satu hero, ketika ketemu lawan yang beda tipe dan
skill, belom tentu kamu bisa menang.
TYPE
Nah, bagian ini adalah bagian pertama, sekaligus yang paling menentukan
surem nggak nya permainan kalian sampe akhir. Buat tipe dasarnya sendiri
ada tiga, Strength (STR), Agility (AGI), dan Intelligence (INT).
Di sini yang perlu kalian peratiin, ada beberapa tipe role
/pola/peran permainan dasar dari setiap Hero. Biasanya sih, syarat
sebuah tim yang bagus itu ngelengkapin masing-masing jobdesk hero nya
kayak :
-Tanker/Initiator : Peran yang mengharuskan kalian ngepick Hero
tipe STR. Kalian adalah tukang tahan badan, atau bisa juga sebagai
War-starter/Initiator/pembuka war, dan selalu harus ada di barisan
paling depan ketika war berlangsung, soalnya yang punya darah banyak dan
armor tinggi cuma ada di STR, meski ada beberapa tipe INT yang punya
potensi nge-Tank se misal kayak Ogre Magi.
Contoh : Axe, Skeleton King, Sven (Tanker) - Tauren, Sand King, Admiral (Initiator).
Contoh : Axe, Skeleton King, Sven (Tanker) - Tauren, Sand King, Admiral (Initiator).
- Support/healer/Nuker : Jobdesk model ini biasanya ada di hero
tipe INT. Jobdesk kalian adalah supporting dan babysitting hero carry
(hero yang bergantung sama item) di tim kalian, karena hero carry adalah
asset yang paling berharga buat tim kalian ketika late game dimulai. Khusus buat tipe INT-Nuker (Pencicil Damage), kewajiban kalian adalah nyicil HP lawan pake skill damage kalian.
Contoh : Warlock, Shadow Priest, Silencer, Winter wyvern (Support/Healer) - Slayer, Zeus, Lion, (Nuker/Support) .
Contoh : Warlock, Shadow Priest, Silencer, Winter wyvern (Support/Healer) - Slayer, Zeus, Lion, (Nuker/Support) .
- Ganker/killer : Mostly ada di tipe AGI, dan hampir sebagian
besar adalah Carry. Salah satu jobdesk yang paling banyak diminatin,
soalnya mereka di desain untuk nge-kill terus, dan penentu kemenangan
akhir. Kalo killer sampe late game gak sukses, udah dipastiin tim kalian
bakal kalah. Jobdesk kalian adalah mengintai, nge-Kill, dan ngusahain
carry lawan nggak ada yang jadi.
Contoh : Lightning Revenant, Nerubian, Templar, Phantom Assasin (Killer) - Vengeful Spirit, Bounty Hunter, Clinkz (Ganker) .
Contoh : Lightning Revenant, Nerubian, Templar, Phantom Assasin (Killer) - Vengeful Spirit, Bounty Hunter, Clinkz (Ganker) .
- Warder : Ini bukan Job utama, tapi side job. Jobdesk nya adalah
memata-matai area musuh, nge-buka jalan bahaya yang gak bisa dilewatin
tim kamu, entah itu dengan bantuan skill hero kalian ato pake item.
Contoh: Vengeful Spirit, Bone Clink, Stealth Assasin, Clockwerk, Treant.
Contoh: Vengeful Spirit, Bone Clink, Stealth Assasin, Clockwerk, Treant.
- Disabler : Ini juga termasuk side-job, tugas kamu adalah
men-disable/menghentikan action (Hex,cyclone, Lasso) hero lawan dengan
skill maupun item, sehingga temen kamu yang killer bisa leluasa
ngebunuh.
Contoh : Shadow Shaman, Lion, Batrider.
Contoh : Shadow Shaman, Lion, Batrider.
Kalo udah paham Jobdesk masing-masing, minimal sih harus ada tipe Initiator, Tanker, Killer, dan Support di tim kalian.
Oke kalo udah paham, kalian udah siap buat nge-Pick Hero kalian.
2. ITEM SELECTION
Nah, bagian ini juga termasuk yang paling penting. Kamu harus hati-hati
kalo milih item, setiap hero udah ada itemnya masing-masing tergantung
kebutuhan, soalnya kalo kalian jago sekalipun, kalo item yang dibeli
salah, sama aja boong.
- ITEM CORE : Adalah item yang WAJIB di beli sama suatu hero. Pelajari kekurangan hero dan kelebihan yang kamu pake.
- ITEM SECONDARY : Adalah item pelengkap setelah item core
terpenuhi. Biasanya bergantung juga sama item yang dibeli hero lawan,
ato bisa juga item buat ngelengkapin role/peran di hero yang kalian
pake. Contoh item : Eul's, Guinsoo, Necronomicon, dll.
3. PAHAMI SKILL
Yang penting disini adalah kamu harus tau betul apa potensi dan skill
dari hero kamu/lawan. Gimana caranya memaksimalkan skill yang hero kamu
punya sekaligus bikin lawan jadi mati gaya dan gimana caranya
meng-counter potensi skill lawan dari hero yang kamu pick. Item cuma
faktor nomer kesekian. Faktor utama nya tergantung dari cara main kamu
dan pemahaman skill-nya.
4. POSISI JARI DAN TANGAN
Nah, biasanya ini selalu jadi masalah para newbie yang baru belajar dota.
1. Gerakkan hero kamu pake klik kanan mouse. Cari mousepad dan mouse
se-nyaman mungkin agar gerakan nge-klik kamu jadi makin presisi dan
lincah.
2. TANGAN KIRI : HINDARI KLIK SKILL PAKE MOUSE . Jari tangan kiri
kamu harus standby diatas tombol hotkey dari skill-skill kamu.
Tujuannya adalah buat menghemat waktu casting-skill dan mempercepat
respon kamu . Ya tentu nya kamu harus hafal tombol hotkey dari skill
yang kamu pencet.
3. JANGAN ATTACK PAKE KLIK KANAN ; Penyakit lumrah newbie nih. Usahakan
buat selalu pake tombol "A - terus Klik kiri ke target". Selain bikin
target inceran kamu sering miss, kamu bakalan susah creeping dan cari
duit gara" kamu telat last hitting. Dota bukan game santai, tapi
game ini menuntut kecepatan tangan dan kelihaian kamu dalam nge-klik
area dan target kamu. Di sini kamu akan banyak berurusan sama timing dan ketepatan nge-klik posisi target.
5. CREEPING
Faktor krusial dari keuangan hero kamu. Gak punya duit, miskin, trus bisa dapet item dari mana?
Jangan sembarangan creeping dengan prinsip "yang penting pasukan ku bisa maju", wow ini salah besar mamen. Tips dari gue:
- Selalu perhatikan darah creep yang sekarat, dan kamu harus siap-siap nge last hit, kalo kamu udah mahir last hitting, bisa dipastiin keuangan kamu bakal lancar. Oya, disini ada yang namanya istilah nge-Deny
ato nge kill creep tim kita yang udah sekarat. Tujuannya adalah buat
mengontrol lane dan seberapa majunya wave creep kita/musuh biar gak
terlalu deket dari masing-masing tower. Contoh, makin banyak creep kamu
yang di-Deny, berarti wave creep musuh bakal semakin maju mendekat ke
tower kamu, got it?
- Selalu cari area kosong buat creeping. Maksud gue, lo gak perlu berebut tempat creeping sama temen lo dan mengharap keberuntungan last hit. Itu sangat buang-buang waktu.
- Selalu cari area kosong buat creeping. Maksud gue, lo gak perlu berebut tempat creeping sama temen lo dan mengharap keberuntungan last hit. Itu sangat buang-buang waktu.
***
Nah, gimana? Udah lumayan ngerti kan dasar konsep Role-Play nya?
Kayaknya kalian udah gatel ya buat cepet-cepet nyoba? LOL
Oke, gue pikir kalian udah siap buat memulai sejarah baru karir
per-Dota-an kalian yang selama ini mungkin selalu suram. HAHAHAH.
Kalo ada kekurangan, mohon koreksi di comment box ya :D
No comments:
Post a Comment