Monday, November 21, 2016

khasiat tomat

10 Manfaat Masker Tomat Untuk Wajah Berjerawat – Kulit dan Kecantikan

Advertisement
Buah tomat, buah merah segar yang memiliki nama latin solanum lycopersicum syn lycopersicum esculentum ini berasal dari daratan Amerika, tepatnya Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Tanaman tomat memiliki ketinggian sekitar 1 sampai 3 meter dan kehidupan tanaman yang singkat. Tomat adalah sayuran buah dan biasa sebagai pelengkap lalapan. Buah tomat memiliki beragam warna mulai dari kuning, hijau, sampai merah. Tomat pun memiliki beragam ukuran dari yang kecil (biasa dikenal masyarakat luas dengan sebutan tomat cherry dan dimanfaatkan untuk membuat sambal) dan tomat sayur yang ukurannya kurang lebih sebesar bola pingpong yang biasa dicampur ke dalam olahan sayur dan lalap. Berikut adalah manfaat masker tomat untuk kulit dan kecantikan serta mengobati jerawat.
1. Kulit wajah cerah
Apabila kita ingin memiliki kulit wajah yang bersinar, cerah, anti kusam, tidak perlu membeli berbagai produk kecantikan yang belum terbukti khasiatnya. Lebih baik gunakan bahan alami yang murah dan aman, tanpa efek samping ketika diaplikasikan. Tomat banyak mengandung vitamin C yang bermanfaat mencerahkan kulit wajah dan membuatnya lebih bersinar. Caranya sangat mudah. Hanya dengan mengiris tomat menjadi bulatan-bulatan tebal, lalu gosokkanlah irisan tomat tersebut pada wajah. Lakukan secara teratur agar memperoleh hasil yang memuaskan.
2. Membuat pori-pori kulit jadi kecil
Pori-pori kulit/wajah yang terus membawa kotoran membuatnya menjadi semakin besar. Apabila pori-pori semakin membesar, yang terjadi adalah kulit wajah yang tampak tidak bersih dan segar bercahaya. Penggunaan masker tomat dapat berguna untuk membuat pori-pori wajah jadi kecil, sehingga berdampak pada kulit bersih, cantik, dan sehat. Cara pembuatannya adalah dengan menghaluskan tomat terlebih dahulu kemudian mencampur tomat halus dengan air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh. Lalu oleskan pelan ke wajah dan pijat-pijat lembut, diamkan selama kurang lebih lima belas menit. Terakhir, bersihkan masker tomat di wajah dengan menggunakan air hangat yang kemudian diakhiri dengan membasuh pakai air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka karena basuhan air hangat tadi, jadi kotoran tidak menempel kembali di wajah.
3. Mengusir jerawat di wajah
Kandungan dalam buah tomat yang memiliki khasiat untuk mengusir jerawat, membuat kulit cerah, dan noda hitam bekas jerawat hilang adalah zat asam, vitamin C dan vitamin A. Caranya yaitu dengan memakai masker tomat secara rutin (1-2 minggu) di wajah selama kurang lebih tiga puluh menit. Pembersihan sama dengan yang sudah dibahas di atas yaitu memakai air hangat yang diakhiri dengan bilasan air dingin.
ads
4. Kulit jadi halus
Memiliki kulit yang halus dan lembut adalah idaman setiap orang. Wajah jadi tampak lebih sehat, cerah, cantik. Tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam unuk mendapatkan kulit wajah halus. Cukup dengan memakai masker tomat yang dicampurkan dengan madu secukupnya sampai tekstur masker mirip pasta. Setelah masker jadi, bisa langsung dioleskan ke wajah sambil memberi pijatan lembut, barulah masker diberihkan. Hindarilah keluar rumah setelah melakukan perawatan ini supaya debu dan kotoran tidak kembali hinggap di wajah kita yang telah bersih.
5. Mencegah sel jadi rusak
Untuk mencegah sel kulit rusak dan menangkal radikal bebas penyebab kerutan serta kulit yang tampak lebih tua dari seharusnya (penuaan dini) selain pakai masker tomat, tambahlah dengan konsumsi jus tomat usai makan siang.
6. Membuat kulit putih
Krim tomat dapat membantu membuat kulit tampak lebih putih. Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh yogurt, oatmeal, serta 2 sendok teh tomat halus, kemudian balurkan ke kulit dan biarkan selama kurang lebih dua puluh menit, barulah lakukan pembersihan.
7. Melindungi kulit agar tidak terbakar
Kulit yang terbakar akibat sengatan matahari bisa diatasi dengan mengkonsumsi pasta tomat setiap hari sebanyak lima sendok makan. Kulit yang sudah terlanjur terbakar pun bisa diatasi dengan konsumsi pasta tomat ini. Untuk manfaat yang lebih banyak, yaitu kulit elastis, lembut, dan segar, pakailah masker tomat (dua sendok teh tomat halus) dan yogurt sebanyak satu sendok teh, balurkan ke kulit usai melakukan aktivitas.
8. Mengatasi kulit berminyak
Wajah yang tampak berkilau karena produksi minyak berlebih, membuat kulit tampak tidak sehat dan cerah. Kulit berminyak yang tidak segera dibersihkan akan berdampak pada munculnya komedo dan jerawat. Untuk mengatasinya, pakailah masker tomat yang dicampur dengan jus timun. Blender 2 buah tomat sampai halus tambahkan 4 sendok makan timun halus/jus, lalu aplikasikan pada wajah (membalurkan ke wajah dapat menggunakan kapas). Biarkan hingga kering, terakhir bersihkan masker. Teratur dalam melakukan perawatan ini, dapat membuat minyak di wajah terkendali dan turut mengecilkan pori-pori kulit.
9. Merawat kulit
Minyak biji tomat bermanfaat untuk merawat kulit. Minyak ini dapat menangkis radikal bebas pemicu terjadinya penuaan dini. Pakailah minyak biji tomat untuk memijat bagian kulit yang diinginkan (misalnya memijat wajah pakai minyak biji tomat). Lakukan ini jelang kita tidur, dan bersihkan setelah kita bangun pagi harinya.
10. Pelindung kulit dari serangan sinar ultra violet
Tomat dapat dipakai sebagai tabir surya alami. Likopen yang merupkan antioksidan dalam buah tomat adalah benteng kulit dari sinar ultra violet. Minum jus tomat sebelum pergi kerja secara teratur berguna untuk menciptakan kulit sehat. Masalah kulit yang dialamai akibat sering terpapar sinar matahari diantaranya kulit yang bersisik, kusam, dan kering.

Cara Membuat Masker Tomat

1. Masker tomat dengan tambahan lemon dan oatmeal
Manfaat : mengatasi kulit berminyak, jerawat, menutrisi kulit.
Cara membuat :
  • Tomat dan lemon dicuci bersih terlebih dahulu;
  • Potong tomat lalu masukkan ke blender;
  • Tambah dengan perasan lemon serta oatmeal secukupnya;
  • Blender sampai halus dan tercampur rata;
  • Aplikasikan sebagai masker, dengan didiamkan selama kurang lebih setengah jam sampai kering;
  • Bersihkan pakai air bersih ;
  • Lakukan rutin satu kali dalam satu minggu.

No comments:

Post a Comment