Monday, November 21, 2016

khasiat semangka

4. Mengatasi Sembelit
Semangka adalah buah yang mengandung serat dan air yang sangat tinggi. Serat dalam semangka bisa mengatasi masalah sembelit terutama karena kekurangan serat larut dalam usus. Serat yang terdapat pada semangka bisa membentuk gel alami pada usus besar sehingga melancarkan penyerapan nutrisi dan melancarkan buang air besar.
5. Mencegah Dehidrasi
Dehidrasi adalah salah satu jenis kelainan yang disebabkan karena tubuh kekurangan asupan air mineral. Semangka menjadi buah yang menyegarkan dan memiliki banyak kandungan air. Kekurangan air bisa menyebabkan tubuh menjadi lemah, tidak bertenaga dan kurang konsentrasi. Selain itu kekurangan air juga bisa membuat ginjal bekerja lebih berat sehingga bisa menimbulkan gangguan pada ginjal.
6. Mencegah Peradangan
Peradangan yang terjadi pada organ tubuh bisa menyebabkan penyakit yang sangat berbahaya. Kandungan senyawa kolin yang ditemukan dalam semangka memiliki fungsi yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan otot tubuh, membantu tubuh untuk menciptakan efek santai, dan memperbaiki ingatan otak. Senyawa kolin dalam manfaat semangka ini, juga memiliki peran untuk menyeimbangkan kesehatan sel tubuh, membantu pengiriman sinyal syaraf otak dan motorik serta membantu proses penyerapan lemak dalam tubuh.
7. Membuat Kulit Lembut dan Halus
Semangka tidak hanya buah yang menyegarkan dan memenuhi kebutuhan nutrisi. Tapi ternyata semangka yang kaya dengan kandungan vitamin A bisa membuat kulit menjadi lebih halus dan lembab. Hal ini akan mencegah kulit kusam dan kurang nutrisi. Wanita yang mengkonsumsu semangka secara teratur bisa memiliki kulit yang lebih cantik dan tidak kering. Vitamin A dalam semangka juga memperbaiki sistem jaringan sel tubuh pada bagian rambut dan kulit.
8. Mengatasi Nyeri Otot
Senyawa asam amino citruline yang ditemukan dalam semangka memiliki efek yang sangat baik untuk meredakan nyeri otot. Senyawa ini mampu membuat otot tubuh menjadi lebih santai sehingga meredakan ketegangan. Hal inilah yang membuat semangka sangat efektif untuk atlit setelah melakukan pertandingan.
9. Sumber Kolagen Alami
Kolagen adalah senyawa yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga elastisitas kulit. Manfaat semangka untuk kulit mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C adalah jenis vitamin yang membantu tubuh dalam menyerap kolagen sehinggab membuat kulit menjadi lebih lembut. Selain itu semangka yang penuh air akan memenuhi kebutuhan air untuk memelihara sel kulit.
10. Memelihara Kesehatan Jantung dan Tulang
Semangka mengandung senyawa likopen yang berfungsi untuk membantu memelihara kesehatan jantung dan tulang. Semangka mampu membuat aliran darah dalam jantung menjadi lebih maksimal, memelihara sel tubuh, mengurangi tingkat oksidatif pada pembuluh darah yang sering menyebabkan serangan jantung. Selain itu semangka juga sangat efektif untuk membentuk kepadatan tulang sehingga mencegah osteoporosis. Likopen akan memelihara kesehatan jantung dan mempertahankan kepadatan tulang dengan mempercepat penyerapan kalsium.
11. Buah untuk Diet
Kandungan asam amino citruline dalam buah semangka ternyata juga sangat efektif untuk mengatasi lemak yang menumpuk dalam tubuh. Senyawa ini didapatkan dari semangka setelah dirubah oleh ginjal dan menjadi arginin. Kemampuan senyawa ini akan lebih tinggi ketika sudah menjadi arginin sehingga menyebabkan tubuh melemahkan sel-sel lemak dalam tubuh dan larut dalam saluran pengeluaran. Jadi, manfaat semangka untuk diet sangat baik untuk dikonsumsi.

No comments:

Post a Comment