Tuesday, November 22, 2016

arti doa iftitah

Pengertian Doa Iftitah ialah doa dlm Shalat yg dibacakan setelah anda melakukan Takbiratul Ihram (Allahu Akbar Setelah membaca Niat) sebelum anda membaca Surat Al Fatihah. Adapun untuk Hukum Membaca Doa Iftitah ini adalah Sunah untuk seorang Imam maupun Makmum ketika Shalat Sendiri atau secara Berjamaah dan jika ditinggalkan atau tidak dibaca maka tidak apa – apa tidak perlu melakukan sujud sahwi.
Kemudian Bacaan Doa Iftitah ini disunahkan jika terpenuhinya 5 (Lima) syarat sebagaimana telah disebutkan dlm kitab Bujairimi ‘Alal Khatib yg antara lain, Shalat yg dilakukan oleh seseorang Muslim bukan didlm Shalat Jenazah, Tidak takut habis waktu yg dihitung shalat-nya, Tidak takut salah atau luput sebagian Surat Al Fatihah (Untuk Imam), Tidak mendapati imam pd bukan berdiri, Belum masuk saat membaca Ta’awwudz atau basmalah, baik itu disengaja maupun lupa.
Sedangkan untuk Keutamaan Bacaan Doa Iftitah jika melihat dari artian bacaan Surat Ifititah sendiri ialah supaya tidak melakukan kesalahan (Dosa) kemudian jika kita melakukannya (Dosa) maka bersihkanlah darinya dan hilangkanlah bekas – bekasnya dg kesucian sehingga hati kita bisa melewati proses pembersihan yg sempurna. Adapun untuk Bacaan Doa Iftitah dan Terjemahan Doa Iftitah lengkap dg artian Bahasa Indonesianya sudah kami buat dibawah ini.

arti :

  ”’ Alloh Maha Besar lagi Sempurna kebesarannya, segala puji bagi-nya dan Maha Suci Alloh sepanjang pagi dan sore. Kuhadapkan muka hatiku kpd Dzat yg menciptakan langit dan bumi dg keadaan lurus dan menyerahkan diri dan aku bukanlah dari golongan kaum musyrikin. Sesungguhnya Shalat-ku, Ibadah-ku, Hidup-ku dan mati-ku semata-mata hanya untuk Alloh seru sekalian alam. Tidak ada sekutu baginya dan dg itu aku diperintahkan untuk tidak menyekutukan bagi-nya. dan aku dari golongan orang muslimin

No comments:

Post a Comment