Tuesday, November 22, 2016

cara mengatasi rambut lepek saat naik motor

Rambut Berantakan Saat Memakai Helm? Say No!
Berkendara naik sepeda motor, tentu wajib menggunakan alat pelindung yaitu helm. Helm berguna untuk keselamatan dan keamanan kepala kita. Namun, kebanyakan perempuan kadang risih jika harus mengenakan helm karena alasan rambut. Memakai helm, kadang bisa merusak tatanan rambut dan rambut juga bisa kusut karena terkena angin. Penampilan pun menjadi sedikit terganggu. Nah, sebaiknya apa yah yang harus dilakukan agar rambut tak rusak usai berkendara?
1. Hindari rambut basah
Jangan memakai helm ketika rambut kamu basah. Jika rambut basahmu ditutup dengan helm, nantinya akan berefek pada volume rambut yang tidak mengembang, lepek dan bau rambut yang tidak sedap. Namun, menurut pakar rambut, rambut memang sebaiknya dicuci terlebih dahulu sebelum mengenakan helm, agar rambut tetap bervolume. Tapi sebaiknya tunggu hingga rambut kering.
2. Mengikat Rambut
Salah satu model rambut yang tepat untuk kamu yang sering berkendara dengan sepeda motor adalah dengan mengikat rambut. Mengikat rambut, dapat menghindari rambut kusut karea terpaan angin. Jika kamu menggerai rambutmu, peluang untuk kusut dan rusak akan lebih mudah. Selain mengikat, bisa gunakan aksesoris lain seperti bandana dan syal untuk menutupi rambutmu.
3. Tetap Memperhatikan Nutrisi Rambut
Rambut yang terkena asap kendaraan serta terik matahari saat berkendara, akan lebih mudah rusak, bercabang dan rapuh. Tiga hal ini tentu tak diinginkan setiap perempuan. Maka dari itu, jangan lupa untuk tetap merawat nutrisi rambut dengan rajin mencuci dan menggunakan berbagai produk untuk rambut seperti vitamin dan esensial agar rambutmu tetap kuat, mudah diatur dan berkilau.
4. Rawat Helm
Helm yang tak dirawat dan dibersihkan juga dapat berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Hal ini bisa memicu ketombe pada rambut kita. Untuk mengakalinya, rajin lah untuk mencuci helm terutama ketika bagian dalam helm sudah terlihat kotor dan berbau.
Ana siswa kelas 3 dari SMK Bandung punya cara lain agar rambut tak berantakan saat memakai helm.
“Waktu pakai helm, rambutku emang harus kering. Habis itu, helm dilapisi dulu sama kain atau ngga rambut kita ditutupi pakai kupluk jaket. Rambut dalam keadaan digulung ke atas biar ngga lepek. Tapi emang masalah yang timbul setiap pakai helm itu rambut jadi keliatan tipis dan ngga ngembang,” jelasnya.
Karena rambut jadi sering lepek, Ana sering melakukan perawatan hairmask setiap minggunya di rumah. Ini berguna untuk memulihkan kembali volume rambut yang mengempis menjadi mengembang kembali. (tj3)
Ikuti kami di
Editor: fam
Sumber: Tribun Jabar

No comments:

Post a Comment